Gagal Ginjal Stadium Akhir

Insiden penyakit gagal ginjal stadium akhir pada anak adalah 20 per sejuta populasi. Pada penanganan gagal ginjal stadium akhir pada anak tujuan akhirnya adalah transplantasi ginjal yang berhasil. Dialisusu secara umum dimulai ketika kadar kreatinin penderita mendekati 10 mg/dL (900 umol/L), tergantung pada keadaan klinis penderita, hasil pemeriksaan laboratorium lainnya dan tersedianya donor ginjal. Jika histokompatibilitas atau pemeriksaan lain menunjukkan bahwa tidak ada dini keluarga, penderita ditempatkan dalam daftar tunggu untuk mendapatkan ginjal cadaver dengan harapan bahwa donor akan tersedia sebelum dialysis diperlukan. Anak biasanya dirawat dirumah sakit untuk memulai dialysis. Jika dalam persiapan untuk transplantasi, nefroktomi bilateral diperlukan (karena hipertensi berat, refluks vesikoureter, atau pielonefritis kronis), nefroktomi ini dapat dilakukan pada saat ini.

Dialisis peritoneum rawat jalan kontinu (DPRJK)  pada penanganan penyakit gagal ginjal stadium akhir adalah teknik baku bagi sebagian besar anak yang memerlukan dialysis kronis. Namun beberapa anak memerlukan hemodialisis dan penggunaan kateter vena subklavia yang ditempatkan jangka panjang dan fistula arteriovenosa yang dibuat pada pergelangan tangan. Pada DPRJK dialysis melewat membrane peritoneum memindahkan kelebihan air tubuh melalui perbedaan tekanan osmotic yang dibuat oleh kadar glukosa dalam dialisat: hasil pembuangan dipindahkan melalui difusi dari kapiler peritoneum ke dalam dialisat. DPRJK tidak seefisien hemodialisis, tetapi kenyataan bahwa dialysis ini berlanjut sepanjang hari (berbeda dengan 12-18 jam/minggu pada hemodialisis) memungkinkan untuk mempertahankan kadar BUN dan kreatinin yang memuaskan. Jalan masuk ke riang peritoneum dicapai dengan memasukkan kateter Tenckoff lunak melalui insisi linea mediana  dibawah umbilicus; kateter dibawa keluar melalui kulit dengan cara menembus subkutan dan dihubungan ke pemanjangan tabung yang mempunyai bagian semacam paku unutk penyisipan ke dalam kantong dialysis.

gagal-ginjal-stadium-akutSelanjutnya dalam penganangan gagal ginjal stadium akhir para orang tua (dan penderita, jika lebih dari 10-12 tahun) diajari teknik memaku kantong dialisat, membiarkan dialisat masuk dan menetap diruang peritoneum untuk masa waktu yang telah ditentukan, mengalirkan dialisat kembali ke kantongnya, dan mengganti kantung dialisat yang telah terpakai dengan kantong yang baru.

Penggantian semacam ini pada gagal ginjal dilakukan 3-5 kali per hari semenjak bangun tidur sampai dengan waktu tidur. Karena keuntungan DPRJK tamaknya jauh lebih banyak daripada resikonya. DPRJK merupakan bentuk optimal dialysis kronis pada sebagian besar anak. Modifikasi prosedur meliputi alat-alat mekanis  untuk memaki kantung (dengan atau tanpa sterilisasi ultraviolet sekama penyambungan) dan system kantong ganda bentuk Y. Yang kedua ini memungkinkan drainase dialisat yang telah habis ke dalam ruang kosong yang diikuti pemasukan dialisat baru kantong kedua, sesudahnya penderita diputuskan dari system kantung dengan menutup ujung tabung kateter dengan penutup yang berisi spons yang dibasahi-yodium povidon. Modifikasi ini telah menurunkan frekuensi peritonitis dan telah memperbaiki penerimaan penderita terhadap teknik tersebut.

Harga XAMthone Plus

Obat Sakit Ginjal

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.